Senin, 19 November 2018

cbr perkembangan perseta didik pak fauzi kurniawan

CRITICAL BOOK REPORT

Dikerjakan Untuk Memenuhi Salah Satu Tugas
 Mata Kuliah Perkembangan Peserta Didik
FT.gif









DOSEN PEMBIMBING
Fauzi Kurniawan, S. Psi, M.Psi.

Disusun oleh :

Nama      : Sahril
Nim         : 5182131004



JURUSAN PENDIDIKAN TEKNIK ELEKTRO
PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNIK ELEKTRO -1
FAKULTAS TEKNIK
UNIVERSITAS NEGERI MEDAN
2018
KATA PENGANTAR

              Puji beserta syukur kehadirat Tuhan yang maha Esa karna berkat rahmat dan karunia-NYA saya dapat menyelesaikan tugas Critical Book Report materi ajar “ Perkembangan Peserta Didik” . Dan saya berterima kasih kepada Bapak Fauzi Kurniawan, S. Psi, M.Psi. selaku dosen mata kuliah Perkembangan Peserta Didik yang telah memberikan tugas ini kepada saya.
              Saya sangat berharap semoga tugas ini dapat berguna dalam rangka menambah wawasan serta pengetahuan kita mengenai materi Perkembangan Peserta Didik, dan saya juga menyadari sepenuhnya bahwa di dalam tugas ini terdapat kekurangan yang jauh dari kata sempurna baik itu dari segi susunan kalimat maupun tata bahasanya. Oleh karena itu saya menerima segala saran dan kritik dari pembaca agar saya dapat memperbaiki tugas saya ini dan sekaligus saya meminta maaf.
              Semoga tugas yang sederhana ini dapat di pahami oleh siapapun yang membacanya dan sekiranya tugas ini dapat berguna bagi saya sendiri maupun pembacanya.



Medan, 19 September 2018

Sahril






DAFTAR ISI


Kata Pengantar .................................................................................................................  i
Daptar Isi ...........................................................................................................................  ii
Bab I Pendahuluan
1.      Latar belakang ........................................................................................................  1
2.      Tujuan .....................................................................................................................  1
3.      Mamfaat .................................................................................................................  2
BAB II Ringkasan Buku Setiap Bab
1.      Ringkasan Bab I ......................................................................................................  3
2.      Ringkasan Bab II .....................................................................................................  4
3.      Ringkasan Bab III ...................................................................................................  5
4.      Ringkasan Bab Iv ....................................................................................................  5
5.      Ringkasan Bab V .....................................................................................................  6
6.      Ringkasan Bab VI ...................................................................................................  6
7.      Ringkasan Bab VII ..................................................................................................  6
8.      Ringkasan Bab VIII ................................................................................................ 7
9.      Ringkasan Bab IX ................................................................................................... 7
BAB III Pembahsan Keunggulan Dan Kelemahan Buku
1.      Keunggulan buku ...................................................................................................  8
2.      Kelemahan buku...................................................................................................... 8
BAB IV Kesimpulan Dan Saran                      
1.      Kesimpulan .............................................................................................................  9
2.      Saran .......................................................................................................................  9
BAB V Daftar Pustaka ....................................................................................................  10





BAB I
PENDAHULUAN
1.      Latar Belakang
Perkembangan merupakan salah satu aspek yang sangat penting kita ketahui hal ini menunjukan bagaimana proses dan cara berkembang manusia, guna mempermudah untuk mengetahuinya dalam proses berkembangannya suatu individu maupun kelompok.

Dalam perkembangan, proses sangatlah perlu diketahui demi terwujudnya suatu pengetahuan bersama, proses perkembangan mulai dari lahir hingga umur lanjut merupakan bagian aspek yang bisa kita telaah dan rinci satu persatu.

2.      Tujuan
Tujuan penulisan Critical Book Report ini adalah:
1.      Untuk melatih mahasiswa berpikir dalam mencari informasi yang di sajikan oleh buku.
2.      Untuk mengajarkan mahasiswa mengulas dan menelaah isi buku.
3.      Untuk mengetahui tugas perkembangan manusia yang berkenaan dengan kehidupan sehari-hari.
4.      Untuk Mengetahui kelebihan dan kekurangan buku yang telah di sajikan dan untuk memberikan penjelasan informasi dan pemahaman yang mendalam tentang apa yang terlihat dan terungkap dalam sebuah buku, tepatnyan pada tema perkembangan serta hal-hal yang mempengaruhinya. yang di ambil dari sumber buku :
Judul                              : Perkembangan Peserta Didik
Penulis                           : Dra. Rahmulyani, M.Pd., Kons
Penulis Lain                   : - Dr. Nasrun, Ms.
                                                           - Dra. Nurajani, M.Pd.
-   Dra. Pateria Sembiring, M.Pd., Kons
-   Dra. Nurmaniah, M.Pd
Penerbit                          : Penerbit Unimed Press. Universitas Negeri Medan
ISBN                             : 978-602-7938-39-7
Bahasa                           : indonesia

3.      Mamfaat
Mamfaat Penulisan Critical Book Report ini Adalah :
1.    Agar mahasiswa mengetahui dan memahami isi buku
2.    Agar mahasiswa secara tidak langsung menguasai materi yang di bahas di dalam buku.
3.    Agar mahasiswa mampu memiliki kekreatifan dalam mengembangan ide dari setiap pembahasan buku.
4.    Kita bisa lebih memahami proses perkembangan dan pengaruhnya dalam kehidupan sehari-hari..
5.    Kita bisa mengetahui keunggulan dan kelemahan buku tersebut.





















BAB II
RINGKASAN MATERI

 BAB I : Hakekat Perkembangan
Perkembangan dapat di artikan sebagai perubahan yang progresif dan kontinyu (berkesinambungan) dalam diri individu mulai lahir sampai mati baik itu  secara sistematis, progresif, berkesinambungan maupun menyangkut pisik/jasmani  dan psikis rohaniah.
Prinsip-prinsip perkembangan antara lain:
Ø Perkembangan merupakan proses yang tak pernah berhenti ( Never Ending Process ).
Ø Semua aspek perkembangan saling mempengaruhi.
Ø Perkembangan mengikuti pola.
Ø Perkembangan terjadi pada tempo yang berlainan.
Ø Setiap pase perkembangan mempunyai cirri has.
Ø Setiap  individu yang normal akan mengalami tahap/fase perkembangan.
Ø Prerkembangan di tentukan oleh kematangan.

Setiap individu akan mengikuti fase perkembangan sesuai dengan tahap perkembangan yang di jalaninya. Pembagian fase perkembangan dapat di tinjau dari :
a.    Analisis biologis ( menentukan fase perkembangan berdasarkan keadaan atau proses pertumbuhan tertentu).
b.    Analisi didaktis ( apa yang dapat di berikan pada anak pada masa tertentudan bagaimana mengajar anak pada masa tertentu).

Criteria dalam menentukan fase-fase perkembangan individu yaitu :
·      Fase usia pra sekolah.
·      Fase usia sekolah dasar.
·      Fase usia sekolah menengan.
·      Fase usia mahasiswa.



BAB II : Teori Perkembangan
Teori perkembangan ada 5 macam yaitu :
1.    Teori  psikoanalisis.
2.    Teori prilaku dan  kognisi social.
3.    Suatu orientasi teoritis elektik.
4.    Teori kognitif.
5.    Teori konstektual ekologis.

Kehidupan remaja di penuhi dengan ketenangan dan konflik. Remaja berusaha menekan ketegangan yang di alami dengan cara meredam konflik tersebut ke dalam pikiran yang tidak sadar. Prilaku-prilaku yang tampaknya spele sekalipun, sebenarnya merupakan segi yang penting apabila kekuatan tidak sadar yang melantar membelakangi prilaku yang di ungkapkan.
Mekanisme pertahanan merupakan metode yang tidak di sadari untuk mendistorsikan realitas, yang di gunakan oleh ego untuk melindungi dirinya dari kecemasan yang disebabkan oleh adanya konflik  dari ketiga struktur  pengalaman-pengalaman awal masa kecil.

Menurut Freund setiap manusia akan mengalami 5 tahap perkembangan yaitu :
1.    Tahap oral.
2.    Tahap anal.
3.    Tahap falik.
4.    Tahap laten.
5.    Tahap genita.

Piaget membagi tahap perkembangan teori kognitif atas 4 tahap yaitu :
a.    Tahap sensoris.
b.    Tahap praoperasional.
c.    Tahap operasioanal  kongkrit.
d.    Tahap operasi pormal.



BAB III : Perkembangan Remaja
Perkembangan pisik remaja menunjukan perkebangan cepat baik dari segi tinggi dan berat badan maupun perkembangan seksual.
Perkembangan emosi pada remaja awal  terjadi gejolak emosi yang kadang-kadang cukup kuat sehingga remaja meledak-ledak. Namum pada remaja akhir mereka telah mencapai kematangan emosinya.  Perkembangan bahasa remaja sangat di pengaruhi oleh lingkungan dan teman sebaya.
Faktor yang mempengaruhi pertumbuhan fisik ada 2 yaitu :

BAB IV : Tugas-Tusas Perkembangan Remaja
Dalam perkembangan setiap individu mengikuti tahapan perkembangan dimana fase memiliki serangkaian tugas perkembangan yang harus diselesaikan dengan baik oleh setiap individu.

J. Havignust membagi tugas perkembangan remaja menjadi 10 bagian yaitu :
1. mencapai hubungan baru yang lebih matang dengan teman sebaya.
2. mencapai peran social pria dan wanita.
3. menerima keadaan fisiknya dan menggunakanya secara efektif.
4. mencari kemandirian emosioal dari orang tua dan orang dewasa lainya.
5. mencapai jaminan kebebasan ekonomis.
6. memiih dan menyiapkan lapangan kerja.
7. persiapan memasuki kehidupan berkeluarga.
8. mengembangkan keterampilan intelektual.
9. mencari dan mengharapkan tingkah laku social yang bertanggung jawab.
10. memperoleh dan system etika sebagai pedoman hidup.

BAB V : Kebutuhan Dan Perkembangan Kebutuhan Remaja
Kebutuhan mempunyai peranan yang sangat penting dan menentukan tingkah laku manusia. Bahkan tingkah laku manusia timbul karena adanya satu kebutuhan, dan semua tingkah laku manusia di arahkan untuk memenuhi atau memuaskan kebutuhanya.
kebutuhan yang domain perkembangan remaja yaitu :
·      Kebutuhan untuk berhubungan dengan orang lain (need for affiation).
·      Kebutuhan melakukan tindakan kekerasan (Need for aggression).
·      Kebutuhan untuk bebas dan mandiri (autonomy needs).
·      Kebutuhan untuk mencari bentuk (counteraction).
·      Kebutuhan menguasai lingkungan (Need for dominance).
·      Kebutuhan untuk pamer (exhibition).
·      Kebutuhan untuk bersifat erotis/sex.

BAB VI : perkembangan konsep diri
Konsep diri adlah bagaimana seorang melihat dirinya yang mencangkup keyakinan, pandangan dan penilaian seorang terhadap dirinya sendiri. Konsep diri seorang di bentuk oleh lingkungan terutama lingkungan keluarga di mana seorang anak bisa di besarkan.
Konsep diri juga mempunyai hubungan yang erat dengan prestasi belajar. Di sekolah anak yang mempunyai konsep diri yang baik biasanya akan memperoleh prestasi belajar begitu juga sebaiknya.

BAB VII : Penyesuaian Diri Dan Faktor Yang Mempengaruhinya
Penyesuaian diri dapat di artikan sebagai adaptasi, sebagai bentuk kompormitas, dan sebagai usaha penguasaan.
-       Sebagai adaptasi berarti kemampuan individu untuk menyesuaikan diri dalam lingkungan.
-       Sebagai kompormitas berarti penyesuaian diri terhadap norma.
-       Sebagai usaha penguasaan berarti kemampuan untuk merencanakan dan mengorganisir respons dengan cara tertentu sehingga tidak terjadi konfik dan frustasi.
Paktor Yang Mempengaruhi Proses Penyesuaian Ramaja :
1. Kondisi Fisik.
2. Kepribadian.
3. Pendidikan .
4. Lingkungan.
5. Agama Dan Budaya.

BAB VIII : Permasalahan Yang Timbul Pada Masa Remaja Sekolah Menengah
Masalah masalah yang di sering di hadapi pada masa sekolah menengah iyalah :
1.    Masalah yang timbul karena perkembangan fisik dan fsikomotorik.
2.    Masalah yang timbul karena perkembangan bahasa dan prilaku.
3.    Masalah yang timbul karena perkembanganprilaku social, moralitas dan keagamaan.
4.    Masalah yang timbul karena perkembangan prilaku efektif, konatif dan kepribadian.
5.    Masalah tawuran remaja.
Upaya untuk mencegah dan mengatasi  tawuran, yaitu menjadikan keluarga sebagai teladan, aturan yang tegas di sekolah, memberikan pendidikan anti tawuran, mendeteksi dan menangani pelajaran yang berotak criminal, menjalin organisasi dan kerjasama pelajar antar sekolah, membuat program extrakulikulerdan adanya program pemerintah untuk mencegah dan menangani ,masalah tawuran secara serius.
BAB IX : Implikasi Perkembangan Anak Usia Sekolah Menengah Terhadap Penyelenggaraan    Pendidikan Implikasi perkembangan anak usia menengah terhadap penyelenggaraan yaitu terbagi menjadi :
1.    Implikasi perkembangan fisik dan prilaku psikomotorik.
2.    Implikasi perkembangan bahsa dan prilaku kognitif.
3.    Implikasi prilaku social, moralitas dan keagamaan.
4.    Implikasi prilaku apektif, konatif dan kepribadian.
5.    Implikasi perkembangan emosi remaja terhadap penyelengaraan terhadap pendidikan.
6.    implikasi pengembangan konsep diri.
7.    implikasi tugas- tugas perkembangan remaja bagi pendidikan.

BAB III
KEUNGGULAN DAN KELEMAHAN BUKU


1.      Keunggulan
                                             
a.       Bentuk sampul dan kertasnya lumayan tebal sehingga tidak mudah koyak.
b.      Keterkaitan antar bab, kita sudah melihat dari bab I sampai bab IX itu membahas masalah pembahasan perkembangan yang sangat berkaitan dengan bab lainya.
c.       Menyajikan tulisan dengan ukuran yang tepat.
d.      Pembahasan pada sub bab spesifik, langsung pada intinya.
e.       Setiap akhir bab terdapat pustaka dan materi yang di bahas.
f.       Setiap bab memiliki rangkuman yang telah di paparkan pada materi tersebut.
g.      Terdapat evaluasi di setiap bab  sehingga bisa melatih pembaca untuk mengulas kembali pemahaman mengenai materi yang telah di paparkan.

2.        Kelemahan

a.    Tidak terdapat gambar di dalam buku sehingga membuat pembaca bosan dan minat membacanya menjadi kurang.
b.    Daftar pustaka masih sedikit sehingga materi masi kurang lengkap.
b.    Pemahaman buku ini terlalu panjang sehingga menyulitkan pembacanya untuk sedikit memahaminya.
c.    Buku ini tidak memiliki warna pada tulisan sehingga dapat membuat pembaca merasa bosan dan malas membacanya.






BAB IV
KESIMPULAN DAN SARAN
                                                       
1.    Kesimpulan
 Dalam pembahasan di atas kita dapat mengetahui bagaimana pengajian materi tentang proses perumabahn dan yang mempengaruhinya. Dari penjelasan tersebut sangatlah luas dan rinci sehingga kita bisa memahami proses perubahan dan pengaruhnya dalam keluarga,sekolah maupun lingkungan sekitar.


2.    Saran
Saran untuk buku perkembangan peserta didik ini iyalah haruslah lebih mengembangakan isi materi serta meningkatkan kreatifitas terhadap buku tersebut minsalnya penulis menambahkan gambar guna untuk membuat pembaca tertarik untuk membaca buku tersebut.

















DAFTAR PUSTAKA

Rahmulyani,dkk.2018. perkembangan peserta didik. Medan: Unimed press




Tidak ada komentar:

Posting Komentar