CRITICAL BOOK REPORT
Dikerjakan Untuk
Memenuhi Salah Satu Tugas
Mata Kuliah Perkembangan Peserta Didik

DOSEN PEMBIMBING
Fauzi
Kurniawan, S. Psi, M.Psi.
Disusun oleh :
Nama : Sahril
Nim
: 5182131004
JURUSAN
PENDIDIKAN TEKNIK ELEKTRO
PROGRAM
STUDI PENDIDIKAN TEKNIK ELEKTRO -1
FAKULTAS
TEKNIK
UNIVERSITAS
NEGERI MEDAN
2018
KATA PENGANTAR
Puji
beserta syukur kehadirat Tuhan yang maha Esa karna berkat rahmat dan
karunia-NYA saya dapat menyelesaikan tugas Critical Book Report materi ajar “
Perkembangan Peserta Didik” . Dan saya berterima kasih kepada Bapak Fauzi
Kurniawan, S. Psi, M.Psi. selaku dosen mata kuliah Perkembangan Peserta Didik
yang telah memberikan tugas ini kepada saya.
Saya
sangat berharap semoga tugas ini dapat berguna dalam rangka menambah wawasan
serta pengetahuan kita mengenai materi Perkembangan Peserta Didik, dan saya
juga menyadari sepenuhnya bahwa di dalam tugas ini terdapat kekurangan yang
jauh dari kata sempurna baik itu dari segi susunan kalimat maupun tata
bahasanya. Oleh karena itu saya menerima segala saran dan kritik dari pembaca
agar saya dapat memperbaiki tugas saya ini dan sekaligus saya meminta maaf.
Semoga
tugas yang sederhana ini dapat di pahami oleh siapapun yang membacanya dan
sekiranya tugas ini dapat berguna bagi saya sendiri maupun pembacanya.
Medan, 19 September 2018
Sahril
DAFTAR
ISI
Kata
Pengantar ................................................................................................................. i
Daptar
Isi ........................................................................................................................... ii
Bab
I Pendahuluan
1.
Latar belakang ........................................................................................................ 1
2.
Tujuan ..................................................................................................................... 1
3.
Mamfaat ................................................................................................................. 2
BAB
II Ringkasan Buku Setiap Bab
1. Ringkasan
Bab I ...................................................................................................... 3
2. Ringkasan
Bab II ..................................................................................................... 4
3. Ringkasan
Bab III ................................................................................................... 5
4. Ringkasan
Bab Iv .................................................................................................... 5
5. Ringkasan
Bab V ..................................................................................................... 6
6. Ringkasan
Bab VI ................................................................................................... 6
7. Ringkasan
Bab VII .................................................................................................. 6
8. Ringkasan
Bab VIII ................................................................................................ 7
9. Ringkasan
Bab IX ................................................................................................... 7
BAB
III Pembahsan Keunggulan Dan Kelemahan Buku
1.
Keunggulan buku ................................................................................................... 8
2.
Kelemahan buku......................................................................................................
8
BAB
IV Kesimpulan Dan Saran
1.
Kesimpulan ............................................................................................................. 9
2.
Saran ....................................................................................................................... 9
BAB
V Daftar Pustaka .................................................................................................... 10
BAB
I
PENDAHULUAN
1.
Latar
Belakang
Perkembangan
merupakan salah satu aspek yang sangat penting kita ketahui hal ini menunjukan
bagaimana proses dan cara berkembang manusia, guna mempermudah untuk
mengetahuinya dalam proses berkembangannya suatu individu maupun kelompok.
Dalam
perkembangan, proses sangatlah perlu diketahui demi terwujudnya suatu
pengetahuan bersama, proses perkembangan mulai dari lahir hingga umur lanjut
merupakan bagian aspek yang bisa kita telaah dan rinci satu persatu.
2.
Tujuan
Tujuan
penulisan Critical Book Report ini adalah:
1. Untuk
melatih mahasiswa berpikir dalam mencari informasi yang di sajikan oleh buku.
2. Untuk
mengajarkan mahasiswa mengulas dan menelaah isi buku.
3. Untuk
mengetahui tugas perkembangan manusia yang berkenaan dengan kehidupan
sehari-hari.
4. Untuk
Mengetahui kelebihan dan kekurangan buku yang telah di sajikan dan untuk
memberikan penjelasan informasi dan pemahaman yang mendalam tentang apa yang
terlihat dan terungkap dalam sebuah buku, tepatnyan pada tema perkembangan
serta hal-hal yang mempengaruhinya. yang di ambil dari sumber buku :
Judul :
Perkembangan Peserta Didik
Penulis :
Dra. Rahmulyani, M.Pd., Kons
Penulis Lain :
- Dr. Nasrun, Ms.
- Dra.
Nurajani, M.Pd.
-
Dra. Pateria Sembiring, M.Pd., Kons
-
Dra. Nurmaniah, M.Pd
Penerbit :
Penerbit Unimed Press. Universitas Negeri Medan
ISBN :
978-602-7938-39-7
Bahasa :
indonesia
3.
Mamfaat
Mamfaat
Penulisan Critical Book Report ini Adalah :
1.
Agar mahasiswa mengetahui dan memahami
isi buku
2.
Agar mahasiswa secara tidak langsung
menguasai materi yang di bahas di dalam buku.
3.
Agar mahasiswa mampu memiliki
kekreatifan dalam mengembangan ide dari setiap pembahasan buku.
4.
Kita bisa lebih memahami proses
perkembangan dan pengaruhnya dalam kehidupan sehari-hari..
5.
Kita bisa mengetahui keunggulan dan
kelemahan buku tersebut.
BAB
II
RINGKASAN
MATERI
BAB I : Hakekat Perkembangan
Perkembangan dapat di artikan sebagai perubahan yang
progresif dan kontinyu (berkesinambungan) dalam diri individu mulai lahir
sampai mati baik itu secara sistematis,
progresif, berkesinambungan maupun menyangkut pisik/jasmani dan psikis rohaniah.
Prinsip-prinsip
perkembangan antara lain:
Ø Perkembangan
merupakan proses yang tak pernah berhenti ( Never
Ending Process ).
Ø Semua
aspek perkembangan saling mempengaruhi.
Ø Perkembangan
mengikuti pola.
Ø Perkembangan
terjadi pada tempo yang berlainan.
Ø Setiap
pase perkembangan mempunyai cirri has.
Ø Setiap
individu yang normal akan mengalami
tahap/fase perkembangan.
Ø Prerkembangan
di tentukan oleh kematangan.
Setiap
individu akan mengikuti fase perkembangan sesuai dengan tahap perkembangan yang
di jalaninya. Pembagian fase perkembangan dapat di tinjau dari :
a. Analisis
biologis ( menentukan fase perkembangan berdasarkan keadaan atau proses
pertumbuhan tertentu).
b. Analisi
didaktis ( apa yang dapat di berikan pada anak pada masa tertentudan bagaimana
mengajar anak pada masa tertentu).
Criteria dalam menentukan fase-fase
perkembangan individu yaitu :
· Fase
usia pra sekolah.
· Fase
usia sekolah dasar.
· Fase
usia sekolah menengan.
· Fase
usia mahasiswa.
BAB
II :
Teori Perkembangan
Teori perkembangan ada 5 macam yaitu :
1. Teori psikoanalisis.
2. Teori
prilaku dan kognisi social.
3. Suatu
orientasi teoritis elektik.
4. Teori
kognitif.
5. Teori
konstektual ekologis.
Kehidupan
remaja di penuhi dengan ketenangan dan konflik. Remaja berusaha menekan
ketegangan yang di alami dengan cara meredam konflik tersebut ke dalam pikiran
yang tidak sadar. Prilaku-prilaku yang tampaknya spele sekalipun, sebenarnya
merupakan segi yang penting apabila kekuatan tidak sadar yang melantar
membelakangi prilaku yang di ungkapkan.
Mekanisme pertahanan
merupakan metode yang tidak di sadari untuk mendistorsikan realitas, yang di
gunakan oleh ego untuk melindungi dirinya dari kecemasan yang disebabkan oleh
adanya konflik dari ketiga struktur pengalaman-pengalaman awal masa kecil.
Menurut Freund setiap manusia akan
mengalami 5 tahap perkembangan yaitu :
1. Tahap
oral.
2. Tahap
anal.
3. Tahap
falik.
4. Tahap
laten.
5. Tahap
genita.
Piaget membagi tahap perkembangan teori kognitif
atas 4 tahap yaitu :
a. Tahap
sensoris.
b. Tahap
praoperasional.
c. Tahap
operasioanal kongkrit.
d. Tahap operasi pormal.
BAB
III : Perkembangan Remaja
Perkembangan pisik
remaja menunjukan perkebangan cepat baik dari segi tinggi dan berat badan
maupun perkembangan seksual.
Perkembangan emosi pada
remaja awal terjadi gejolak emosi yang
kadang-kadang cukup kuat sehingga remaja meledak-ledak. Namum pada remaja akhir
mereka telah mencapai kematangan emosinya.
Perkembangan bahasa remaja sangat di pengaruhi oleh lingkungan dan teman
sebaya.
Faktor yang mempengaruhi pertumbuhan
fisik ada 2 yaitu :

BAB IV :
Tugas-Tusas Perkembangan Remaja
Dalam
perkembangan setiap individu mengikuti tahapan perkembangan dimana fase
memiliki serangkaian tugas perkembangan yang harus diselesaikan dengan baik
oleh setiap individu.
J. Havignust
membagi tugas perkembangan remaja menjadi 10 bagian yaitu :
1.
mencapai hubungan baru yang lebih matang dengan teman sebaya.
2.
mencapai peran social pria dan wanita.
3.
menerima keadaan fisiknya dan menggunakanya secara efektif.
4.
mencari kemandirian emosioal dari orang tua dan orang dewasa lainya.
5.
mencapai jaminan kebebasan ekonomis.
6.
memiih dan menyiapkan lapangan kerja.
7. persiapan memasuki kehidupan
berkeluarga.
8. mengembangkan keterampilan
intelektual.
9. mencari dan mengharapkan tingkah
laku social yang bertanggung jawab.
10. memperoleh dan system etika
sebagai pedoman hidup.
BAB
V :
Kebutuhan Dan Perkembangan Kebutuhan Remaja
Kebutuhan mempunyai
peranan yang sangat penting dan menentukan tingkah laku manusia. Bahkan tingkah
laku manusia timbul karena adanya satu kebutuhan, dan semua tingkah laku
manusia di arahkan untuk memenuhi atau memuaskan kebutuhanya.
kebutuhan yang domain perkembangan
remaja yaitu :
· Kebutuhan
untuk berhubungan dengan orang lain (need
for affiation).
· Kebutuhan
melakukan tindakan kekerasan (Need for
aggression).
· Kebutuhan
untuk bebas dan mandiri (autonomy needs).
· Kebutuhan
untuk mencari bentuk (counteraction).
· Kebutuhan
menguasai lingkungan (Need for dominance).
· Kebutuhan
untuk pamer (exhibition).
· Kebutuhan
untuk bersifat erotis/sex.
BAB
VI :
perkembangan konsep diri
Konsep diri adlah
bagaimana seorang melihat dirinya yang mencangkup keyakinan, pandangan dan penilaian
seorang terhadap dirinya sendiri. Konsep diri seorang di bentuk oleh lingkungan
terutama lingkungan keluarga di mana seorang anak bisa di besarkan.
Konsep diri juga
mempunyai hubungan yang erat dengan prestasi belajar. Di sekolah anak yang
mempunyai konsep diri yang baik biasanya akan memperoleh prestasi belajar
begitu juga sebaiknya.
BAB
VII : Penyesuaian Diri Dan Faktor Yang Mempengaruhinya
Penyesuaian diri dapat
di artikan sebagai adaptasi, sebagai bentuk kompormitas, dan sebagai usaha
penguasaan.
-
Sebagai adaptasi berarti kemampuan
individu untuk menyesuaikan diri dalam lingkungan.
-
Sebagai kompormitas berarti penyesuaian
diri terhadap norma.
-
Sebagai usaha penguasaan berarti
kemampuan untuk merencanakan dan mengorganisir respons dengan cara tertentu
sehingga tidak terjadi konfik dan frustasi.
Paktor Yang Mempengaruhi Proses
Penyesuaian Ramaja :
1.
Kondisi Fisik.
2.
Kepribadian.
3.
Pendidikan .
4.
Lingkungan.
5.
Agama Dan Budaya.
BAB
VIII
: Permasalahan Yang Timbul Pada Masa
Remaja Sekolah Menengah
Masalah masalah yang di sering di hadapi
pada masa sekolah menengah iyalah :
1. Masalah
yang timbul karena perkembangan fisik dan fsikomotorik.
2. Masalah
yang timbul karena perkembangan bahasa dan prilaku.
3. Masalah
yang timbul karena perkembanganprilaku social, moralitas dan keagamaan.
4. Masalah
yang timbul karena perkembangan prilaku efektif, konatif dan kepribadian.
5. Masalah
tawuran remaja.
Upaya untuk
mencegah dan mengatasi tawuran, yaitu
menjadikan keluarga sebagai teladan, aturan yang tegas di sekolah, memberikan
pendidikan anti tawuran, mendeteksi dan menangani pelajaran yang berotak
criminal, menjalin organisasi dan kerjasama pelajar antar sekolah, membuat
program extrakulikulerdan adanya program pemerintah untuk mencegah dan
menangani ,masalah tawuran secara serius.
BAB
IX :
Implikasi Perkembangan Anak Usia Sekolah Menengah Terhadap Penyelenggaraan Pendidikan Implikasi perkembangan anak usia
menengah terhadap penyelenggaraan yaitu terbagi menjadi :
1. Implikasi
perkembangan fisik dan prilaku psikomotorik.
2. Implikasi
perkembangan bahsa dan prilaku kognitif.
3. Implikasi
prilaku social, moralitas dan keagamaan.
4. Implikasi
prilaku apektif, konatif dan kepribadian.
5. Implikasi
perkembangan emosi remaja terhadap penyelengaraan terhadap pendidikan.
6. implikasi
pengembangan konsep diri.
7. implikasi
tugas- tugas perkembangan remaja bagi pendidikan.
BAB
III
KEUNGGULAN
DAN KELEMAHAN BUKU
1.
Keunggulan
a. Bentuk
sampul dan kertasnya lumayan tebal sehingga tidak mudah koyak.
b. Keterkaitan
antar bab, kita sudah melihat dari bab I sampai bab IX itu membahas masalah
pembahasan perkembangan yang sangat berkaitan dengan bab lainya.
c. Menyajikan
tulisan dengan ukuran yang tepat.
d. Pembahasan
pada sub bab spesifik, langsung pada intinya.
e. Setiap
akhir bab terdapat pustaka dan materi yang di bahas.
f. Setiap
bab memiliki rangkuman yang telah di paparkan pada materi tersebut.
g. Terdapat
evaluasi di setiap bab sehingga bisa
melatih pembaca untuk mengulas kembali pemahaman mengenai materi yang telah di
paparkan.
2.
Kelemahan
a. Tidak
terdapat gambar di dalam buku sehingga membuat pembaca bosan dan minat
membacanya menjadi kurang.
b. Daftar
pustaka masih sedikit sehingga materi masi kurang lengkap.
b. Pemahaman
buku ini terlalu panjang sehingga menyulitkan pembacanya untuk sedikit
memahaminya.
c. Buku
ini tidak memiliki warna pada tulisan sehingga dapat membuat pembaca merasa
bosan dan malas membacanya.
BAB
IV
KESIMPULAN
DAN SARAN
1. Kesimpulan
Dalam pembahasan di atas kita dapat mengetahui
bagaimana pengajian materi tentang proses perumabahn dan yang mempengaruhinya.
Dari penjelasan tersebut sangatlah luas dan rinci sehingga kita bisa memahami
proses perubahan dan pengaruhnya dalam keluarga,sekolah maupun lingkungan
sekitar.
2.
Saran
Saran untuk buku perkembangan peserta didik ini
iyalah haruslah lebih mengembangakan isi materi serta meningkatkan kreatifitas
terhadap buku tersebut minsalnya penulis menambahkan gambar guna untuk membuat
pembaca tertarik untuk membaca buku tersebut.
DAFTAR
PUSTAKA
Rahmulyani,dkk.2018. perkembangan peserta didik. Medan: Unimed
press
Tidak ada komentar:
Posting Komentar